3 Hal Penting dalam Memperbaiki Komputer

Ada kalanya kita ingin sekali bisa memperbaiki komputer sendiri. Selain menghemat waktu dan biaya, andapun tidak akan mengalami kesulitan jika masalah yang sama terulang kembali. Ada beberapa tahap penting yang perlu anda lakukan agar bisa mengatasi berbagai masalah komputer tersebut.

  1. Identifikasi masalah : secara umum masalah komputer terbagi atas 3 jenis, yaitu software, hardware, dan user (pengguna). Cara pintas untuk mengetahui jenis masalah yang anda hadapi adalah dengan mencarinya di internet (googling) sesuai dengan gejala yang anda hadapi.
  2. Lakukan troubleshooting dari cara termudah :  Jika masalah anda di software, gunakan tools bawaan sistem operasi / Windows anda (seperti safemode, clean boot, chkdsk, system restore, atau bahkan reset). Jika masalah anda di hardware lakukan pengecekan posisi kabel dan komponen. Kencangkan kabel atau atur ulang posisi pemasangan perangkat. Lihat kondisi komponen dan pastikan semuanya bersih dan terlihat bekerja normal.
  3. Konsultasikan dengan ahlinya : hubungi penyedia konsultasi permasalahan komputer. Hal ini akan mempermudah anda dalam upaya mencari alternatif solusi terhadap masalah komputer tersebut.

Semoga bermanfaat~

Tinggalkan komentar