Cara Menghilangkan Virus, Malware, atau Iklan di Komputer atau Notebook

Pada tulisan kali ini kami akan memberikan tutorial singkat beberapa permasalahan virus komputer dan aplikasi malware pada windows yang sering ditemui, seperti :

  • Windows terasa sangat lambat
  • Browser error, lambat buka internet
  • Ada aplikasi bernama Baidu atau Chromium yang tidak diketahui asalnya
  • Tidak bisa masuk google atau langsung terbuka link pencarian aneh seperti mysearch, ask, dan sebagainya
  • sering muncul iklan dan membuka tab browser dengan sendirinya
  • muncul aplikasi yang aneh yang tidak pernah kita instal sebelumnya
  • muncul pop-up berbahasa aneh (seperti bahasa china)
  • anti virus asing yang terus menerus mengeluarkan pop-up dan peringatan

Jika salah satu atau beberapa gejala itu ada di komputer anda, kemungkinan komputer anda terinfeksi malware. Berikut kami berikan panduan singkat untuk mengatasinya (membutuhkan koneksi internet, jika tidak ada silahkan mendownload aplikasi yang diinstruksikan terlebih dahulu dari sumber internet lain)

Persiapan sebelum menghapus virus :

Usahakan masuk windows secara normal dengan menggunakan akun yang memiliki hak administrator. Jika anda memiliki hambatan dalam mengakses windows secara normal (karena terlalu lambat atau sering hang), anda bisa mencoba tutorial ini dengan cara masuk melalui cara “safe mode” lalu, untuk caranya silahkan buka link artikel : cara masuk safe mode . Beberapa aplikasi yang digunakan di tutorial ini mungkin tidak bisa digunakan dalam safe mode, seperti Combofix

Jika komputer anda menjadi lancar setelah masuk safe mode, kemungkinan besar komputer anda terinfeksi virus atau malware. 

Jika anda tidak bisa meng-install antivirus apapun  karena muncul “blocked for your protection“, silahkan cek artikel ini

Jika setelah selesai scan antivirus lalu restart dan desktop windows anda hanya menampilkan kursor tapi blank screen, silahkan cek artikel mengembalikan desktop yang blank screen.

Untuk pengguna Windows XP/Vista/7/8

  1. Disable atau matikan antivirus anda. Download Combofix , lalu jalankan.  Restart jika diminta. Jika Combofix gagal dijalankan karena satu dan lain hal, skip bagian ini.
  2. Download dan jalankan RKill
  3. Download, instal dan jalankan Malwarebytes. Restart jika diminta
  4. Download, instal dan jalankan HitmanPro 30-day trial , kemungkinan membutuhkan koneksi internet ketika men-scan dan membersihkan.
  5. Uninstal program / aplikasi yang tidak anda inginkan pada control panel -> program and features. Jika anda menggunakan 2 buah atau lebih Antivirus, hapus atau uninstall dan sisakan 1 buah antivirus yang paling anda percayai. Rekomendasi anda instal antivirus Avast Free, dengan settingan instalasi proteksi minimal (pilih ubah settingan sebelum mulai instalasi, jangan langsung “ok/next”)
  6. Di kotak search / run windows , ketik “msconfig” , pilih dan jalankan “msconfig.exe” di kotak msconfig >> cari tab “services” >> centang “hide all microsoft services” >> matikan / kosongkan centang service yang mencurigakan (atau disable all) >> lalu apply
  7. masih di kotak msconfig >> cari tab “startup” >> matikan / disable startup yang mencurigakan atau tidak anda butuhkan
  8. pilih apply lalu OK
  9. Restart/reboot dan masuk ke windows secara normal (bukan safe mode)
  10. Update dan jalankan antivirus anda, lalu scan sistem secara menyeluruh (Full Scan atau Deep Scan).

Untuk pengguna Windows 8.1/10

Caranya sama seperti di atas, hanya skip langkah nomor 1 (Combofix tidak bisa dijalankan di windows 8.1 / 10)

Jika setelah semua langkah di atas komputer anda tetap terjangkiti ada beberapa alternatif solusi lain : gunakan system restore, refresh / reset windows (windows 8.1 & 10), atau instal ulang

Jika anda masih membutuhkan bantuan, silahkan menghubungi kami melalui  WhatsApp di nomor yang tertera di halaman utama.

Semoga bermanfaat~

 

Tinggalkan komentar