Solved : Selalu masuk ke BIOS setiap menyalakan PC atau Laptop

The Case :

Beberapa client saya mendapatkan masalah serupa, yaitu ketika mereka menyalakan PC atau laptop, tampilannya langsung masuk ke BIOS.

The Knowledge :

Anda membutuhkan pengetahuan dasar mengenai BIOS, seperti cara mendeteksi Harddisk lewat BIOS, dan cara mengganti boot order priority. Anda juga mungkin perlu membuka cassing PC anda untuk mengganti harddisk. Untuk laptop anda mungkin perlu mencabut keyboard laptop dan harddisk anda.

The Tools :

Anda mungkin membutuhkan (opsional) beberapa hal untuk mendeteksinya :

  • Keyboard lain yang sesuai dengan PC / Laptop anda
  • CD/DVD ROM, internal atau eksternal
  • Media boot lain untuk boot (seperti DVD Instaler Windows, DVD Linux, Hirens Boot CD, atau USB flash disk yang bootable)
  • Harddisk lain yang sesuai dengan PC / Laptop Anda
  • Peralatan untuk membongkar keyboard laptop dan harddisk

The Possibilites :

  1. Keyboard : keyboard anda rusak, dan karena suatu hal selalu terpijit tombol F2 atau Del atau tombol lain yang digunakan untuk mengakses BIOS. Cabut keyboard dan nyalakan PC / Laptop anda. Jika ada gunakan keyboard lain.
  2. Harddisk : Harddisk anda tidak terdeteksi di BIOS, bisa karena pemasangan harddisk bermasalah atau rusak. Cek dudukan harddisk, pasang dan kencangkan ulang kabel power SATA dan kabel data SATA. Pastikan harddisk bergetar ketika dinyalakan (ada tanda2 kehidupan) Coba test dengan Harddisk lain yang sesuai, atau coba instal ulang harddisk anda melalui PC / Laptop lain.
  3. Windows / OS : sistem operasi windows anda bermasalah, sehingga tidak mau boot. Cek menggunakan media instalasi lain (DVD atau USB), jika perlu instal ulang.
  4. BIOS : Setting BIOS anda bermasalah. Reset ke default, dan cek ulang boot priority order. Pastikan harddisk anda terdeteksi di BIOS, dan jika anda memiliki 2 harddisk atau lebih di komputer anda, pastikan first boot order mengarah pada harddisk yang terdapat windows / sistem operasi di dalamnya.
  5. Lainnya : harddisk tidak tersupply listrik (power supply bermasalah), kabel SATA bermasalah (kualitas buruk atau kurang kencang), kerusakan motherboard,  setting harddisk AHCI – IDE – RAID tertukar, motherboard perlu di update.

Jika anda membutuhkan bantuan lebih lanjut, silahkan hubungi kami di halaman depan. Thats All Folks~

3 tanggapan untuk “Solved : Selalu masuk ke BIOS setiap menyalakan PC atau Laptop

Tinggalkan komentar