Tampilan PC tidak muncul di layar monitor (rakit baru)

Salah satu client saya mengalami masalah dengan komputernya, setelah dia membeli dan memasang motherboard dan processor baru, PC tersebut tidak menampilkan gambar apapun di layar. Layar monitor tidak mengalami masalah karena sudah di tes menggunakan PC lain.

Awalnya saya mencoba untuk melakukan cek terhadap keping RAM yang terpasang. Pemasangan RAM yang tidak pas ataupun kotor dapat menyebabkan PC tidak mau boot dan tidak menampilkan apapun ke layar. Saya mencoba menggunakan satu keping RAM terlebih dahulu, dan mencobanya di tiap-tiap slot RAM. Tetapi tidak berhasil, walaupun saya mencoba menggunakan keping RAM yang saya bawa.

Lalu saya melakukan cek terhadap kabel-kabel yang terpasang,  kabel ke monitor, maupun kabel PSU (Power Supply Unit) yang terpasang ke motherboard. Setelah itu saya coba reset CMOS, tetap tidak berhasil.

Langkah terakhir saya cek dudukan processor. Ternyata ketika saya angkat heatsink dan fan processor, processor tersebut ikut terangkat dan menempel pada heatsink. Ternyata terjadi kesalahan pemasangan processor, sehingga processor tersebut tidak terkunci dengan baik di slot motherboard. Setelah di pasang ulang (reseat) , komputer PC pun menyala dengan normal dan menampilkan BIOS dengan baik.

Tinggalkan komentar